Selasa, 30 Juli 2013

Atasi Ambien atau Wasir dengan Probiotik !

Wasir atau ambeien adalah gangguan yang terjadi pada anus, dimana anus mengalami pembengkakan dan kadang juga disertai pendarahan. Selain disebabkan karena terlalu banyak duduk atau berdiri, umumnya wasir disebabkan karena seringnya mengejan terlalu keras saat BAB.

Biasanya orang mengejan terlalu keras pada saat BAB ketika mengalami kesulitan untuk mengeluarkan feses, gejala ini disebut konstipasi atau sembelit. Sehingga tidak mengherankan para ahli kesehatan menyatakan sembelit atau konstipasi sangat berpotensi menyebabkan ambeien. Bahkan pada level yang lebih parah, konstipasi yang cukup hebat atau disebut juga dengan obstipasi dapat menyebabkan kanker usus atau kanker rektum.
Meski terdengar sepele, ternyata banyak juga orang yang mengalami konstipasi, termasuk kita barangkali. Jarang olahraga, asupan gizi yang tidak seimbang dan pola hidup tidak sehat menjadi sebab utama konstipasi. Meski jarang dijumpai, konstipasi bisa juga disebabkan karena sedang berpuasa sehingga tubuh kekurangan cairan, pengaruh hormon, atau efek samping karena meminum obat-obatan tertentu.
Untuk mengatasi konstipasi, banyak cara yang dapat dilakukan di antaranya banyak mengkonsumsi makanan berserat, penuhi kebutuhan cairan dengan minum air minimal 2 liter setiap harinya, biasakan BAB secara teratur dan mengkonsumsi probiotik untuk memperbaiki sistem pencernaan.
Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau manfaat kesehatan pada organisme lain yang menjadi inangnya. Dalam istilah biologi, probiotik bisa disebut sebagai makanan suplemen yang memberikan manfaat bagi inangnya (tubuh manusia) untuk meningkatkan hubungan keseimbangan mikrobial dalam usus. Bakteri probiotik ini dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh melalui beberapa mekanisme molekuler yang kompleks, sebagaimana kompleksnya ekosistem bakteri pada saluran gastrointertinal manusia.
Untuk dapat hidup dan berkembangbiak dengan baik, bakteri probiotik membutuhkan makanan, yang disebut prebiotik. Prebiotik merupakan suatu komposisi pangan yang tidak dapat dicerna. Beberapa kandungan prebiotik antara lain inulin, fructooligosakarida (FOS), galactooligosakarida, dan laktosa. FOS secara alami ditemukan pada karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh manusia.
Beberapa manfaat probiotik di antaranya, memperbaiki keluhan malabsorpsi laktosa, meningkatkan ketahanan alami terhadap infeksi di usus, supresi kanker, menurunkan kadar kolesterol darah, stimulasi imunitas gastrointestinal dan memperbaiki sistem pencernaan yang juga berdampak pada lancarnya sekresi dan terhindar dari konstipasi.
 Bagaimana Kefir mengatasi Ambien?
Kefir adalah minuman dari daerah Kaukasus yang terbuat dari susu dan telah melalui proses fermentasi. Cara pembuatannya dengan memasukkkan bubuk kefir ke dalam susu sapi, kambing atau domba. Bedanya dengan yogurt adalah kefir berbentuk cair sedangkan yogurt berwujud kental.
Sebagai probiotik, kefir memiliki beberapa manfaat di antaranya ; mencegah berbagai macam alergi, mencegah pertumbuhan kanker dan tumor, mencegah pertumbuhan organisme pengganggu, mengatasi gatal-gatal pada kulit dan membasmi jamur.
Sumber : lamalifherbal.com

1 komentar:

  1. Malam mb.
    Mau nanya, gmn takaran untuk mengatasi ambeien ya?
    Makasih

    BalasHapus