Kamis, 10 Desember 2015

Bahan-bahan Esential Campuran Masker Kefir

Tentang Perawatan Wajah/Kecantikan


Untuk kebutuhan praktis, Kefir Cream saja sudah memadai. Tapi untuk memperoleh hasil maksimal dan cepat, maka beberapa tambahan utama akan diperlukan. Ini di antaranya :

1. MINYAK ZAITUN (EXTRA VIRGIN OLIVE OIL).
Minyak Zaitun penting bagi yang memiliki kulit kering. Seberapa banyaknya, berdasarkan pengalaman saja. Terlalu banyak malah akan menimbulkan tumpukan lemak di kulit wajah, sehingga muncul pimples (ini kadang salah kaprah disebut jerawat juga), yaitu kantong lemak yang membentuk tonjolan kecil di kulit wajah. Umumnya untuk kulit kering sekitar satu sendok teh (3 cc) untuk setiap 100 gram Kefir Cream. Selalu biarkan Minyak Zaitun tercampur dengan Kefir Cream minimal 24 jam sebelum dipergunakan.
Minyak Zaitun dapat dikombinasikan dengan Extra Virgin Coconut Oil, umumnya dengan perbandingan 2 bagian minyak Zaitun dan 1 bagian Extra VCO.

2. MADU PUTIH.
Ada dua fungsi utama penggunaan madu putih, yaitu untuk meningkatkan kapasitas antiseptik dan untuk proses pengencangan kulit.
Untuk memperoleh efek antiseptik, setelah pencampuran perlu dibiarkan selama minimal 24 jam, sehingga muncul etanol yang bersifat antiseptik. Madu ini digunakan sebanyak 1 - 2 gram untk setiap 100 gram Kefir Cream.
Untuk pengencangan kulit, pencampuran sesaat sebelum digunakan, sehingga pada saat mengering akan terasa efek mengencangkan kulit yang lebih kuat. Penggunaan madu bisa sampai dengan 6 cc (satu sendok makan untuk setiap 100 gram Kefir). Volume persisnya bisa berbeda untuk setiap orang, silakan rasakan se3ndiri dan atur sesuai pengalaman.

3. EPSOM SALT (GARAM INGGRIS)
Garam Inggris (Magnesium Sulfat) ini bersifat membuat relaksasi syaraf dan otot, sehingga ketika digunakan, maka kulit akan menjadi lentur sehingga proses pengencangan kulit tidak dilawan oleh kulit yang menegang.
Magnesium juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan energi yang memicu produksi ATP (adenosine triphosphate)  paket energi dalam sel. Magnesium dapat mengurangi iritasi dengan  mengurangi efek adrenalin. Juga mengurangi tekanan darah, menciptakan  rasa relaksasi, memperbaiki kualitas tidur, konsentrasi dan membantu  otot dan saraf berfungsi dengan baik.
Gunakan 2 - 4 gram Garam Inggris untuk setiap 100 gram Kefir Cream.
Toner dari Kefir Whey  juga perlu ditambah dengan Garam Inggris, cukup 2 gram untuk setiap 100 cc Kefir Whey.

Itulah 3 bahan yang paling esensial.

Disamping itu boleh saja bahan2 lain juga digunakan untuk memperoleh efek yang lebih kuat, seperti :

Kolostrum atau Kuning telur, untuk efek pengencangan kulit yang lebih kuat, disamping memberikan beberapa hormon dan enzym yang memperkaya nutrisi bagi kulit.

Buah alpukat matang, yang lebih melembutkan kiulit dan memberikan minyak nabati kualitas tinggi.

Berbagai buah-buahan (tomat, strawberry, dsb, dibuat juice), untk memberikan efek vitamin dan antioksidan serta menyerap racun. Volumenya bisa suka-suka, maksimal 30 cc untuk setiap 100 gram Kefir Cream.

Buah-buahan ini juga memperlambat peroses pengeringan Kefir Cream yang digunakan untuk Masker sehingga memberi kesempatan lebih lama bagi kulit untuk menyerap zat yang terdapat pada Masker. Masker ini baru dibersihkan setelah mengering antara 10 - 20 menit.

(Selesai).
diambil dari tulisan Bp. Adi Kumbara di Komunitas Kefir Indonesia

1 komentar:

  1. Salam kenal kak.
    Bagaimana kalau masker kefir ditambahkan grapeseed oil dan avocado oil?
    Dan untuk tonernya apa perlu ditambahkan semisal minyak zaitun juga? Atau boleh diganti dengan grapeseed oil dan vco?

    Mohon jawabannya kak , terima kasih.

    BalasHapus